25 February 2007

Vertigo

Jangan Pernah sakit ini, Jumat lalu sekitar pukul 17.30 wib saya terserang penyakit ini, entah kenapa kepala rasanya berputa putar jangankan utk bangun utk melek aja saya sudah tidak tahan lagi serasa dunia berputar, Akhirnya Ayah Panggil Dokter Jaga di dekat rumah untuk mengecek kondisi saya.
Dibawah ini kutipan tentang vertigo yang saya ambil dari artikel Republika online

Ketika sakit kepala menyerang apa yang Anda rasakan? Kepala terasa berdenyut-denyut, atau seperti ditusuk-tusuk? Itu sakit kepala biasa, atau sering disebut pusing. Ada lagi sakit yang menyerang kepala pada satu sisi saja. Ini yang dikenal sebagai migren. Gejala-gejala migren tidak bisa hilang hanya dengan mengonsumsi obat sakit kepala.

Dan, kalau suatu ketika Anda merasakan kepala Anda berputar. Atau, ruangan tempat Anda berada seperti sedang berputar-putar, lalu Anda mual, dan mungkin sampai muntah, bisa jadi Anda sedang terserang gejala vertigo. Secara medis gelala vertigo merupakan sakit kepala di mana pasien merasa berputar-putar atau ruangan seperti berputar-putar. Gejala vertigo ini berbeda dari gejala sakit kepala biasa dan migren.

Menurut dokter ahli syaraf dari RSUD Budhi Asih Jakarta, dr Julintari SpS, vertigo disebabkan oleh tiga hal. Yaitu gangguan tepi (gangguan pada telinga), gangguan sentral (gangguan pada batang otak, atau otak kecil) dan gangguan sistemik (gangguan metabolisme kardio vaskuler). Jika Anda terserang gejala vertigo, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi, atau menghilangkan rasa sakitnya, seperti disampaikan Julintari berikut ini.

1. Yang paling penting, jangan panik begitu gejala vertigo menyerang. Tarik napas dalam-dalam, pejamkan mata, dan segeralah berusaha mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segeralah duduk.
2. Pastikan Anda dalam posisi aman (berpegangan tangan). Tunggu beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo berkurang, atau tidak.
3. Jika Anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu Anda ke toilet. Pada beberapa kasus, setelah muntah keluhan vertigo ini menjadi berkurang.
4. Ketika bisa berbaring, pertahankan posisi tersebut sampai serangan vertigo berkurang, atau hilang.
5. Buka mata pelan-pelan, lalu coba miringkan badan, atau kepala ke kiri dan ke kanan. Jika dengan manuver ini serangan vertigo ternyata datang kembali, maka itu berarti Anda harus segera memejamkan mata, atau kembali ke posisi semula.
6. Bila karena proses perifera vertigo cepat berkurang, maka segeralah konsultasi ke dokter syaraf.
7. Kalau di rumah Anda tersedia obat antivertigo, maka Anda bisa mengonsumsi obat tersebut. Demikian pula jika di rumah Anda tersedia obat antimuntah, maka Anda bisa mengkomsinya

No comments: