06 May 2008

JCC




Akhirnya Umi bisa juga bikin JCC ini, buatnya gak ribet gampang resepnya juga banyak seliweran di blog temen temen, satu resep ini jadi 2 loyang oval, satu langsung habis pas baru mateng, yang satunya dibawa maknya haikal ke kliniknya utk tester Umi kasih filling selai strawberi. Komentar Ibu dokternya ktnya cake ini kurang berasa kejunya.... (emang gt yaa trus Umi jg lupa nambahin garam hehehe)

Kalau Umi bilang berasa bau jeruk lemonnya dech berasa kayak sabun cuci piring gt waahh maklum lah lidah ndeso jadi gt dech....


JAPANESE STYLE CHEESECAKE
Sumber : 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
5 kuning telur
5 putih teh
parutan kulit jeruk lemon dari 1 buah jeruk lemon
1/8 sdt garam
125 gr gula halus
1 sdt air jeruk lemon

Cara Membuatnya:
Siapkan loyang, alasi kertas roti.
Pasang oven 150 derajat Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air panas.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Diamkan sampe uapnya hilang.
Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata.
Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.

No comments: