30 May 2008

KBB#5: Banoffee Pies



Wahh.... Umi akhirnya di approve ikutan KBB sama Mbak Arfi, tx ya Mbak, masih bingung mo ngapain masih bingung mo gimana tanya sana tanya sini akhirnya Umi bisa ngerjaian tantangan KBB#5 ini.

Tingkat Kesulitan: Menantang. Untuk 4-6 potong.

Pastry:

300g tepung terigu, 150g mentega tawar, iris dadu, 5 sdM gula, 2 kuning telur, 3 sdM air dingin

Masukkan tepung, mentega dan gula di dalam food processor, lalu proses hingga tercampur rata, tambahkan kuning telur (memakai pulse, supaya mengadoninya kemungkinan besar dapat tercampur rata dengan kecepatan tinggi dan waktu yang pendek). Proses hingga menjadi remah-remah. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika remahnya menjadi lebih besar (maksudnya sudah terkumpul), matikan mesin dan periksa apakah pastry bisa dikumpulkan jadi satu jika ditekan-tekan menggunakan jari (tekannya pelan-pelan aja, just to make sure). Keluarkan ke atas meja kerja dan kumpulkan (jangan uleni) hingga membentuk bulatan besar. (cara yang paling baik adalah tidak dengan meremas2 adonan supaya tidak mendapatkan hasil pastry yang keras/rubbery. Kumpulkan adonan ke atas plastik, kalau bisa langsung dibentuk seperti bola lewat cara merapatkan seluruh ujung plastik menjadi satu sehingga membentuk bola, jadi tidak menggunakan jari jemari anda untuk membentuk apalagi meremas adonan.

Note: jika tidak mempunyai food processor, tepung bisa dicampur dengan mentega pakai jari hingga berbentuk remah-remah hanya saja jangan diremas-remas. Gunakan ujung2 jari jika ingin mencampurkan tepung dengan mentega.

Setelah terkumpul membentuk bola diamkan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.

Keluarkan dari kulkas, giling sehingga mencukupi untuk menutup 20-22cm flan tin atau loyang pie/tart.. Tekan-tekan hingga memadati seluruh dasar loyang. Trim pinggiran pie/tart lalu tusuk dasar pastry dengan garpu. Sisihkan sebentar selama 30 menit.

Alasi kertas roti dan gunakan biji-bijian untuk menekan adonan supaya tidak menggelembung jika dipanggang. Panggang suhu 180C selama 12-15 menit atau hingga pastry kelihatan kecoklatan. (Lalu angkat kertas roti dan biji2an lalu panggang lagi selama 5 menit hingga dasar pastry mengering.)

Filling

75g mentega, (umi pake 50g aja di cairin trus di siram ke dalam potongan pisangnya)
50g brown sugar, ( Umi bikin karamel 100G nich gulanya sama tehniknya juga di siram ke pisangnya)3 sdM susu, (gak pake)
300g SKM, (gak pake krn dah manis dari caramelnya)2 buah pisang matang tapi tidak lembek, (Umi pake pisang Uli dibakar dulu baru diris tipis tipis menyerong)
300ml krim, ( Krim kental ini Umi cairin dicampur dengan coklat putih 200G) Untuk di spuit diatas pisang)½ -1 cup white chocolate curls atau parut.( gak pake krn dah dicampur di krimnya)Masak mentega dengan gula hingga mentega leleh dan gula larut. Didihkan dan masak selama 1 menit (dengan api kecil), sambil diaduk-aduk menggunakan sendok kayu. Angkat dari api dan tambahkan susu dan SKM. Kembalikan ke atas api dan didihkan. Masak hingga 5-6 menit, diaduk-aduk hingga filling mengental dan berwarna kecoklatan. Dinginkan. (jika ingin mendapatkan efek runny, masaknya hanya sampai 4 menit saja).( krn Umi gak pake Susu dan SKM jadinya hanya mencairkan mentega dan membuat karamelnya aja)

Iris-iris pisang dan susun di dasar pastry yang sudah dipanggang. Tuang karamel lalu dinginkan di dalam kulkas selama 2 jam. Kocok krim hingga kaku lalu tuang ke atas pie/tart (boleh dengan cara mengolesi atau menyemprot dengan spuit, it's the time to use your imagination!) Taburkan coklat serut di atas krim.(krn gak pake coklat serut langsung aja di spuit si ganache putihnya diatas pie nya

Dibawah ini adalah step by stepnya yang Umi kerjain.


(bahan bahan setelah di timbang)


(bahan bahan setelah ditimbang)


(krn gak punya procecor Umi ngaduknya pake ujung jari aja)


(adonan di bungkus pake almuniun foil)


(adonan di diamkan di kulkas selama 30 menit)


(adonan di cetak di dalam loyang pie ukuran 20cm)


(masih dicetakan pie)


(Umi pake pisang Uli yang dibakar dulu biar mateng)


(pie yang udah dikasih filling pisang disiram caramel dan mentega)


(pie yang udah di kasih filling ganache putih)


(pienya di potong untuk icip icip ternyata enak booo maniss gurih mantab dech)

a href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhPrHvx4hWGADjklDpbxP3OA3vGEi5J9I6eyPqF8Slz89oTaRzuTm9Qr0Nr-3s5mhzHG0g-s2Sbz_v3ARBhgPj220-WtEhw-YbfgEI0M6FTKOP2D9rH_0BzCz8Nw7mSno0ZWx5_xm205OP/s1600-h/pie-lelehan-%235.jpg">
(liat dech karamelnya mencair enak bener )

Selesai dech tugas Umi,
Horereee Umi lulus juga nich....

7 comments:

A. Ann said...

Hallo Umi, senang ya kalo tugas dah selesai. Mana pie-nnya endang lagi. Puass rasanya. Salam KBB:-)

ezza's said...

plok..plok..plok...
senengnya dah berhasil ngerjain ya..

mae said...

aku juga suka sama toffenya yang meleleh leleh itu mbak. Endang banget ya... :)
Sukses ah peernya :)

Unknown said...

selamat yaaa lulus bikin banoffee

~Atiek~ said...

Salam KBB. Pienya enak ya..
Selamat ya, udah berhasil menaklukkan tantangan pertama.

Anonymous said...

Akhirnya lulus juga yach yan.........

** Dapur Ikobana ** said...

Umi.....banofeenya....mantap...ntar bawain....pulang kantor ku samperin...xi..xi..